30 Des 2009

Brazilian Jiu-Jitsu Bandung: 7 Tips dan Mindset buat White Belt

Pada awalnya saya memang suka kesulitan buat mengerti dan mempraktekkan apa yang di ajarkan oleh instruktur saya (Niko Han). Karena memang belum terbiasa dengan sistem pengajaran di Brazilian Jiu-Jitsu. Tapi sedikit demi sedikit, mulai bisa mempraktekkan yang tentunya banyak sekali kesalahan-kesalahan yang saya buat dalam prosesnya.

Yang banyak mempengaruhi perkembangan skill saya dalam berlatih Brazilian Jiu-Jitsu adalah mindset yang tepat, partner latihan yang baik, dan sparring yang efektif. Ketiga hal ini akan saya bahas lebih lanjut dalam artikel selanjutnya.

Sekarang mari kita bahas, Cara mudah dan tepat untuk pemula dalam mengembangkan skill Brazilian Jiu-Jitsu. Here we go:

  1. Bagaimana menjadi lebih bagus bukanlah sebuah rahasia. Cuma perlu get on the mat, mendapat instruksi yang bagus dan melakukan conditioning, sparring atau drilling. Semua perencanaan, catatan, jurnal dan instruksi materi adalah pelengkap. Tapi latihan adalah menu utamanya.
  2. Sparring dengan siapapun yang anda bisa. Paksa diri anda untuk melakukan sparing dengan seorang yang sebenarnya membuat anda selalu merasa terintimidasi. Pengalaman yang di dapatkan dari situ lah yang akan masuk menjadi hitungan. Bukan mental seperti "who tapped who". Dan selalu selesaikan sparring yang dilakukan dengan nya, walaupun anda sudah merasa sangat kelelahan.
  3. Lolos dari kuncian-kuncian dan posisi yang buruk tidaklah mudah, bahkan untuk seorang black belt sekalipun. Dan memang sudah seharusnya tidak mudah, karena memang diciptakan untuk melumpuhkan gerakan secara efektif. Bukankah sebaliknya, itu juga yang membuat anda merasa lebih baik ketika berada pada posisi yang menguntungkan.
  4. Merasa bodoh atau tidak terkoordinasi ketika mencoba gerakan atau teknik yang baru adalah justru bagus! Ini berarti anda mendapat sesuatu yang jadi pelajaran dan badan anda akan ter upgrade untuk skill baru.
  5. Anda mungkin berpikir kalau anda "mengerti" setelah sekitar 6 bulan berlatih. Lalu setelah 12 bulan berlatih anda akan menyadari betapa salahnya anda sebelumnya dan bagaimana anda "benar-benar" mengerti. Kemudian 6 bulan kemudian baru lah sebenarnya anda akan mengerti.
  6. Mendapatkan sebuah belt promotion itu sangat baik tapi jangan malah menjadikan anda kehilangan motivasi untuk melatih skill brazilian jiu-jitsu anda lebih baik.
  7. Ketika anda mendapat sebuah belt promotion, jangan terlalu khawatir jika anda merasa belum layak mendapatkannya. That's normal. Lakukanlah apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan skill anda menjadi layak untuk mendapatkan promosi tersebut.
Sekarang anda sudah tahu 7 Tips dan Mindset buat White Belt, get back to practice NOW!

1 comments:

Unknown mengatakan...

bisa tolong jelaskan bgmn sparring yg efektif...
masalahnya saya belum mengerti sparring yg efektif yg seperti apa...
thx