20 Mar 2009

Teknik Guard Pass Terbaik? Seperti Apa Sih?

Pada awalnya saya selalu berpikir tekhnik guard pass terbaik adalah yang belum diketahui banyak orang, atau bahkan satu guard pass yg fancy. Sekarang saya yakin bahwa tekhnik guard pass terbaik adalah tekhnik yang paling sederhana: The Same-Side Knee Pass. Teknik guard pass ini di mana Anda hanya drop lutut Anda melalui paha dan pin kaki lawan anda pada sisi yang sama. Awalnya saya pikir tekhnik guard pass ini terlalu basic. Sekarang, saya berpikir teknik ini terlalu basic sehingga menjadi Unstoppable. Tekhnik guard pass ini tidak bekerja terhadap butterfly guard, tetapi selain itu ... Tekhnik ini adalah guard pass BJJ yang sangat efektif.

Detail yang membuatnya jadi efektif:

Pertama, sabar. Jangan buru-buru memaksa tekhnik guard pass.
Pusatkan fokus anda untuk duduk di kaki lawan. Pin, dan coba pertahankan posisi ini (jangan kena reversal/sweep).
Counter dari transisi ini, lawan anda hanya akan mencoba untuk menggunakan kaki yang bebas untuk memblokir Anda. Tidak menjadi masalah.
Setelah kakinya adalah kena pinned, lawan anda berada dalam masalah besar.


Pertama, hanya menggunakan siku anda untuk memblokir kaki lawan anda yang mengarah pada dada anda ketika anda melakukan tekhnik guard pass.

Kedua, jika kaki lawan menghalangi anda, cukup underhook dan angkat ke atas, raih collar lawan untuk melakukan kombinasi Tekhnik Single Leg Smash Pass. Ambil posisi sedalam mungkin yang anda bisa dapat dari posisi ini. Pada tahap ini, lawan Anda akan selalu menyerah dari tekanan dengan sendiri nya. Anda bisa passing, dengan mudah, pada kedua sisi.

Ketiga, jika ia mencoba untuk blok, Anda juga dapat mengambil underhook, sprawl kembali, dan lakukan passing seperti yang Anda inginkan. Kakinya sekarang flattened ke mat.

Detail terakhir berkaitan dengan bagaimana Anda melakukan pass guard melalui lutut lawan yang kena pinned. Inilah yang paling saya suka tentang tekhnik guard pass ini jika semua detailnya yang dilakukan dengan benar. Lalu dengan sedikit eksplosive putar pinggang anda berpaling ke belakang, menjadi reverse kesa gatame, taruh kaki Anda yang lain di belakang Anda. Dalam posisi ini sangat sulit bagi lawan untuk bergerak. Setelah itu, anda dapat melakukan sesuai urutan :
(1) siku di sisi lain dari kepalanya (dekat bahu lawan);
(2) crossface,
(3) menarik kerah lawan.

Menariknya, karena anda melakukan pass-reverse kesagatame, maka posisi yang sempurna untuk transisi selanjutnya adalah ke mount-position. Lakukan dengan benar, maka ini adalah urutan tekhnik guard pass yang sangat cepat. Karena anda mengambil mount-position dalam satu rangkaian kombinasi yang menyusahkan lawan.

Saya kira tekhnik guard pass ini sangat efektif. Jadi tekhnik guard pass ini sangat cepat, sakit (bagi lawan anda), dan sulit untuk di counter.

0 comments: